facebook logo

Ingin Punya Apartemen Tanpa KPA Dari Bank? Ikuti 3 Tips ini!

30 Juni 2021 Admin
Ingin Punya Apartemen Tanpa KPA Dari Bank? Ikuti 3 Tips ini!

Memiliki hunian vertikal modern atau bahasa kerennya adalah apartemen, merupakan impian semua orang apalagi ditambah dengan banyaknya fasilitas pendukung. 

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, jika apartemen memiliki harga yang cukup fantastis. Tak heran jika pemiliknya pun masih terbatas untuk di kalangan tertentu saja dan jarang rasanya dalam pembelian apartemen orang membelinya dengan cara membayar secara tunai keras, namun pada umumnya pembelian apartemen ini menggunakan KPA (Kredit Pemilikan Apartemen). Tapi, syarat mengajukan KPA itu bukan main, banyak persyaratannya dan belum tentu juga bank terkait akan menyetujui permohonan Anda.

Namun, jangan berkecil hati. Bukan tidak mungkin membeli apartemen dengan sistem kredit dan bukan hal yang mustahil juga jika Anda bisa membeli apartemen tanpa KPA. Beginilah langkah-langkahnya.

Menabung Dengan Menyisihkan 20% dari Pendapatan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah disiplin menabung! Sisihkanlah 20% dari nominal gaji bulanan Anda untuk disimpan dan tak boleh digunakan. Anda bisa menabungkannya ke bank namun dengan rekening yang berbeda dengan rekening untuk biaya hidup sehari-hari. Jika perlu, jangan buatkan ATM untuk rekening khusus tersebut.

Kumpulkan Uang Tabungan Tersebut, Sampai Besaran DP Apartemen

Sebelumnya carilah referensi apartemen sebanyak-banyaknya sampai akhirnya menemukan yang tepat untuk Anda, baik dari segi lokasi maupun harga. Kenapa begitu? Tentunya hal ini perlu Anda lakukan untuk bisa menargetkan nilai tabungan Anda, syukur-syukur bisa mencapai uang muka atau down payment (DP) terlebih dulu.

Ketika Anda akan membeli apartemen, carilah apartemen yang berada dilokasi bebas banjir dan memiliki prospek cerah. Misalnya, strategis dan dekat dengan jalan raya. Bila memungkinkan, cari juga yang dekat dengan kampus besar atau pusat perbelanjaan, sehingga harga tawarnya akan jauh lebih tinggi ketika dijual kembali.

Memanfaatkan Kredit In-House

Perlu Anda diketahui, sebenarnya KPA dari bank bukan satu-satunya solusi untuk membeli apartemen secara kredit. Selain itu, ada lagi fasilitas sistem kredit yang lain yaitu kredit in-house yang mana jenis kredit ini berasal dari pengembang dan pembeli berutang langsung kepada pengembang.

Jika Anda memanfaatkan kredit jenis yang satu ini tak ada bedanya dengan KPA, hanya saja pembayaran jenis kredit ini bukan melalui bank melainkan langsung pada pengembang. Jeleknya menggunakan kredit ini jangka waktu kredit yang ditawarkan biasanya tidak terlalu panjang.

Untuk itu, Anda perlu disiplin dalam pelunasan cicilan ini, jika Anda gagal melunasinya, bisa-bisa unit apartemen yang Anda tinggali disita. Maka sebelum itu terjadi, prioritaskan dahulu pelunasan cicilan apartemen.

Begitulah langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk mendapatkan Apartemen tampat KPA. Intinya, niat yang kuat dan disiplin dalam menabung serta fokus dalam tujuan yang ingin dicapai agar Anda bisa memiliki apartemen tanpa KPA bank.