facebook logo

Tips Membeli Apartemen! Perhatian 10 Hal Ini

30 Juni 2021 Admin
Tips Membeli Apartemen! Perhatian 10 Hal Ini

Tinggal di kota besar dengan tuntutan pekerjaan yang banyak tentunya mengharuskan Anda mencari hunian yang strategis, aman dan nyaman. Tidak hanya itu, Anda juga pasti rumah tinggal yang memiliki fasilitas lengkap bukan?

Tak jarang sebagian orang memilih Apartemen sebagai hunian tempat tinggalnya. Hal ini dengan beberapa pertimbangann seperti dekat dengan tempat kerja dan menghindari macetnya jalanan ibukota yang membuat perjalanan menuju kantor menjadi sangat lama. Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, tak heran, penjualan apartemen pun semakin laris. Ingat jangan sampai Anda terjebak beli apartemen hanya karena satu kelebihan yang ditawarkan oleh developer-nya. Agar Anda tidak salah memilih apartemen, simak tips membeli apartemen berikut ini!

1. Perhatikan Lokasi
Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah lokasi. Hal ini sangatlah penting, mengingat aktivitas keseharian yang begitu padat tentunya semua orang menginginkan lokasi yang strategis agar dapat melakukan kegiatannya dengan cepat, maka dari itu lokasi apartemen yang baik dan strategi adalah lokasi yang dekat dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, pasar, dan juga akses jalan raya atau bahkan dengan tempat kerja.

2. Info Tentang Apartemen
Point kedua, Anda harus mengetahui informasi dari Apartemen terkait yang akan dibeli, mulai dari siapa developernya serta sertifikat bangunannya. Dalam pembelian apartemen, tentunya Anda 100% bergantung pada developer. Sering kali banyak kasus bangunan apartemen yang ditinggal terlantar karena developer bermasalah. Untuk mengatasi hal tersebut Anda harus mencari tahu kredibilitas developer dari Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).

Jangan lupa untuk cek juga sertifikat-sertifikatnya seperti Hak Guna Bangunan (HGB) yang dimiliki oleh developer, surat izin prinsip, surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Penggunaan Peruntukkan Tanah (SIPPT). Ketahui juga mengenai sertifikat apa yang nantinya akan Anda terima yaitu Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS).

3. Perhatikan Fasilitas Pendukung
Ketika akan membeli sebuah Apartemen perhatikanlah fasilitas pendukung disekitar tempat tinggal Anda, hal ini tentunya akan membatu kegiatan sehari-hari, contohnya: Dekat dengan jalan raya/tol,  stasiun LRT, halte bus, rumah sakit, kantor polisi, sekolah, kampus, minimarket, pusat perbelanjaan, dan pusat perkantoran.

4. Perbanyak Pilihan
Carilah referensi apartemen sebanyak-banyaknya jangan hanya bergantung pada satu pilihan apartemen saja. Sebelum membeli, alangkah baiknya Anda menyempatkan waktu untuk berkeliling dan bertanya mengenai harga dan value (lokasi, fasilitas, keuntungan lainnya). Agar hunian terasa nyaman lebih baik Anda membeli apartemen yang jauh dari tempat-tempat hiburan atau executive lounge, bar dan diskotik.

5. Carilah Apartemen yang Sesuai dengan Kebutuhan
Ketika Anda membeli apartemen, setidaknya ada 3 jenis apartemen yaitu unfurnished (tidak ada furniture sama sekali), semi furnished (sebagian ada furniture) dan full furnished (bangunan sudah siap di tempati). Selain itu pertimbangkan juga dari segi ukuran mulai dai studio,  satu kamar, dua kamar dan lainnya. Intinya carilah tipe apartemen sesuai dengan kebutuhan, bukan karena keinginan atau karena gengsi.

6. Perhatikan Usia Bangunan
Dalam membeli apartemen perhatikan juga usia bangunannya, Jika Anda beli apartemen second, disarankan agar tidak memilih apartemen yang bangunannya sudah terlalu tua, hal ini tentunya akan memerlukan biaya perawatan yang lebih banyak.

7. Faktor Keamanan
Perhatikan dan tanyakan kepada pihak pengembang, mengenai keamanannya, apakah terdapat CCTV dan security yang beroperasi 24 jam atau adanya access card system.

8. Pikirkan Kemampuan Pembelian
Pada point ke 8 ini tentunya sangat perlu diperhatikan, pikirkan bagaimana cara membelinya. Apakah menggunakan cash (pembelian tunai) atau secara kredit (Kredit Pemilikan Apartemen – KPA). Hal ini tentunya kembali lagi kepada diri masing-masing dan pilihlah sesuai dengan kemampuan Anda.

9. Fasilitas Parkir
Hal ini tentunya harus Anda perhatikan juga, apalagi Anda yang memiliki kendaraan. Setidaknya Anda mencari tahu apakah ada penyediaan lahan parkir khusus untuk penghuni dan berapa banyak lahan parkir yang disediakan dan tanyakan juga pada pihak developer apakah jika Anda memarkirkan mobil di parkiran harus membayar biaya tambahan.

10. Biaya Perawatan
Anda pun perlu mengetahui biaya perawatan setiap bulannya seperti biaya kebersihan, biaya keamanan, biaya tv kabel dan lain-lain.

Bagaimana, sudah siap untuk membeli apartemen? Perhatikan dan terapkan 10 tips di atas ya dalam membeli apartemen Anda ya!